Perkembangan teknologi yang kian cepat dan dinamis membuat teknologi digital menjadi senjata utama dalam memainkan perannya termasuk industri game online
Industri game kini pun menjadi salah satu yang terdampak positif oleh pandemi dengan adanya data dari IBISWorld 2020 bahwa game mobile mendominasi pasar global termasuk di Indonesia,Penyebabnya dengan maraknya penggunaan smartphone di Indonesia yang diperkirakan akan ada revenue sebesar USD125 miliar hanya dari game mobile saja yang menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menarik.
Pandemi COVID-19 yang membatasi cara kita berinteraksi membuat game semakin dilirik masyarakat umum, khususnya industri lain pun mulai menggunakan game sebagai media dengan beberapa industri turunan game yang patut diperhatikan adalah e-sport, serious game, dan NFT berbasis game.
Menggabungkan game dengan olahraga, e-sport menjadi salah industri turunan game dengan nilai paling besar,Konsep e-sport mulai banyak menarik minat pada tahun 2000 di Korea Selatan, dan dengan cepat menyebar ke seluruh dunia dengan Amerika Serikat sebagai pasar terbesar saat ini.
Hi teman-teman, game online saat ini menjadi salah satu hiburan yang digemari oleh banyak masyarakat,khususnya anak-anak. Ga jarang nih kita lihat anak anak disekitar kita seru banget lagi MABAR alias main bareng bersama teman-temannya.
Sedangkan serious game adalah pemanfaatan game sebagai media di bidang bisnis dan edukasi dengan penggunaan game ini disebut juga sebagai gamification (gamifikasi) dan telah banyak digunakan untuk kegiatan pembelajaran, pelatihan, hingga kegiatan pemasaran. Fenomena gamifikasi telah banyak dipelajari oleh Massachussets Institute of Technology di unit MIT Game Lab.