Cara Menurunkan Kolesterol Setelah Menyantap Daging Kurban

0

Setelah mengkonsumsi makanan daging kurban pada perayaan hari raya Idul Adha yang berlebihan ternyata dapat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang dapat memicu sederet penyakit, seperti sakit jantung,ginjal dan organ lainnya.

Bagi anda yang berpotensi memiliki penyakit kolesterol, tentunya harus mewaspadai jumlah konsumsinya agar penyakit tersebut tidak menyerang dengan membatasi jumlah konsumsi sajian daging.

Hal pertama yang dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, seperti dilansir laman Mayo Clinic yaitu dengan mengurangi asupan lemak jenuh yang biasanya terdapat di dalam daging merah dan produk susu penuh lemak setelah cukup mengonsumsi daging kurban.

Lalu hilangkan lemak trans dari daftar menu makanan, Lemak trans terkadang tercantum pada label makanan sebagai minyak sayur terhidrogenasi parsial, biasanya zat ini sering terdapat dalam margarin, biskuit, kerupuk, dan kue.

Makanan mengandung lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Maka tingkatkan asupan serat larut untuk mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah dengan mengkonsumsi oatmeal, kacang merah, apel, dan pir.

Selain itu juga beraktivas berolahraga setelah Idul Adha merupakan cara yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dengan melakukan latihan fisik setidaknya 30 menit selama lima kali dalam seminggu.

Seperti beraktivitas aerobik selama 20 menit dalam tiga kali seminggu dan penambahan olahraga dengan interval pendek yang dapat membantu memulai menurunkan berat badan.