Festival Film Indonesia (FFI) Tetap Akan Diadakan Secara Daring

0

Festival Film Indonesia  (FFI) 2020 akan tetap digelar meski pandemi COVID-19, Hanya saja penyelenggaraan pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang akan direncanakan secara daring dengan inovasi terbaru pada rangkaian acara.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, agenda utama FFI 2020 adalah penjurian, peluncuran, malam nominasi, malam penganugerahan, dan pemutaran film untuk penyelenggaraan FFI 2020 akan ada akademi film dengan sarat unsur pendidikan dan konser musik film.

FFI tahun ini disesuaikan dengan situasi sekarang dengan banyak bicara tentang empat pilar yaitu rendah hati, berkarya, kolaborasi, inklusif yang selalu menjadi pegangan melaksanakan program-program utama maupun tambahan FFI 2020.

Dalam Festival Film Indonesia akan mengusung semangat bertajuk Satu Hari Satu Kebaikan yang merupakan sebuah gerakan optimis untuk membantu kelompok tenaga kesehatan, masyarakat yang tetap harus bekerja di luar rumah, dan masyarakat yang dirumahkan karena perusahaan terpaksa ditutup.

Lukman Sardi Selaku Ketua Komite FFI 2020 menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 telah memberikan dampak bagi seluruh sektor kehidupan, tak terkecuali pada industri film. Meski demikian hal itu tidak mempengaruhi insan perfilman untuk terus berkreasi di tengah kesulitan akibat pandemi Covid-19.

Perfilman Indonesia masih dalat menyapa penonton melalui beragam layar dirumah, serta menanti dengan sabar untuk optimis kembali ke gedung bioskop.

Terhitung sejak 1 Oktober 2019 hingga 1 Maret 2020 Festival Film Indonesia sudah memiliki 53 judul film panjang yang nantinya panitia juga akan tetap mengadakan penghargaan untuk kategori film pendek dan dokumenter.