Peluncuran Roket Space X Ditengah Pandemi

0

Kabar baik hadir di tengah pandemi virus corona yang terjadi secara global. Kali ini pada Sabtu 30 Mei 2020 lalu, SpaceX yang merupakan perusahaan ruang angkasa swasta milik Elon Musk berhasil mengirim dua astronaut NASA ke luar angkasa.

Sebuah roket SpaceX Falcon 9 yang membawa dua astronaut veteran NASA berhasil meluncur di Kennedy Space Center di Florida, Amerika Serikat waktu setempat.

Dilansir Reuters, kedua Astronaut NASA yaitu Robert Behnken dan Douglas Hurley menggunakan kapsul Crew Dragon yang menempel pada roket Falcon 9 milik SpaceX terbang menuju International Space Station (ISS) yang sedang mengorbit.

Keduanya akan menetap di luar angkasa selama beberapa minggu untuk membantu tiga anggota kru yang sudah lebih dulu tiba di sana.

Peluncuran bersejarah ini disaksikan langsung oleh Presiden AS Donald Trump didampingi wakilnya Mike Pence yang merupakan penerbangan bersejarah setelah 9 tahun peluncuran roket absen di tanah AS. Sejumlah warga AS juga turut berkumpul untuk menyaksikan peluncuran tersebut meskipun di tengah pandemi virus Covid-19 .

Awalnya SpaceX Falcon 9 ini direncanakan lepas landas pada Rabu 27/5 pukul 16.33 waktu setempat atau Kamis 28/5 dini hari 03.33 WIB namun peluncuran tersebut ditunda karena cuaca buruk