Resep Praktis Sambel Goreng Ati Hidangan Lengkap Lebaran

0

Merayakan hari lebaran yang tinggal sebentar lagi tapi kita tetap tak bisa mudik karena pandemi virus Covid-19, Kalian tetap harus berbahagia saat merayakan hari kemenangan nanti dengan cara menghidangkan aneka hidangan khas lebaran lalu menyantapnya sambil video call dengan sanak saudara meski sedang berada di perantauan.

Menu hidangan yang selalu ada saat lebaran dan relatif cukup mudah dimasak ialah sambal goreng kentang hati sapi yang kadang bisa dilengkapi juga dengan petai jika kau menyukainya, Namun agar lebih terjangkau dalam membuat sambel ati kalian dapat mengganti hati sapi dengan ati ampela ayam, lalu memasaknya dalam jumlah banyak agar kemudian kalian dapat Simpan dalam kulkas supaya awet.

Bahan-bahan yang dipersiapkan dalam memasak sambel goreng ati yang terdiri dari 500gram kentang, 3cm lengkuas, 1 lembar daun salam, 1 lembar daun jeruk, 4 pasang ati ampela, kecap manis dan minyak goreng secukupnya. Lalu siapkan bumbu halus yang terdiri dari 5 buah cabai merah besar yang telah dibuang isinya, 3 buah cabai rawit, 9 siung bawang merah,4 butir kemiri 6 siung bawang putih, garam, gula dan kaldu ayam secukupnya sesuai selera kalian.

Berikut langkah-langkah proses memasak sambel goreng ati yang dapat kalian ikuti, sebagai langkah awal kalian harus menyiapkan bahan nahan utama dalam membuat masakan ialah kentang yang telah dikupas dulu kulit kentang dengan menggunakan pisau sampai bersih.

Setelah itu dipotong-potong kentang jadikan bentuk kotak kira-kira berukuran 1 cm kali 1 cm, masukkan potongan kentang tersebut ke dalam wadah berisi air yang bertujuannya supaya kentang tidak berubah warna menjadi hitam.

Siapkan wajan dan minyak Tunggu minyak sampai panas merata dan masukkan kentang ke dalamnya, Namun usahakan minyak yang kamu pakai merendam semua kentang supaya matangnya merata.

Persiapan selanjutnya adalah membersihkan ati ampela, lalu dipotong dengan bentuk dadu. Siapkan kembali minyak bekas menggoreng kentang dan gunakan untuk menggoreng ati.

Kemudian masukkan bumbu halus ke dalam wajan dengan minyak sedikit yang sudah dipanaskan, tumis bumbu tersebut. Masukkan daun salam bersama dengan lengkuas yang sudah dimemarkan serta daun jeruk yang diaduk hingga merata.

Lalu masukkan ati ampela bersama dengan kentang yang sebelumnya sudah digoreng. Campurkan secara merata semua bahan ini hingga tercampur bersama dengan bumbu, berikan kecap manis untuk memberikan kepekatan warna yang menarik.

Diamkan masakan selama kurang lebih sepuluh menit agar bumbu lebih meresap lalu sajikan saat masih panas dan taburi bawa goreng secukupnya diatasnya agar tampilan semakin menarik.