Cara Menyimpan Ketupat Agar Tak Mudah Basi

0

Perayaan lebaran rasanya kurang lengkap tanpa adanya ketupat yang merupakan hidangan khas saat perayaan idul fitri, Dalam membuat ketupat memang pada umumnya orang-orang membuatnya dalam porsi banyak untuk juga disajikan para tamu yang berkunjung dan sebagai persediaan selama beberapa hari.

Sayangnya terkadang ketupat yang telah dibuat dengan susah payah tersebut justru berair dan basi sebelum dapat dihabiskan, Namun jangan khawatir ketupat juga tetap bisa bertahan lama dan bisa dimakan kapan pun jika kamu tahu cara menyimpannya yang tak perlu bahan kimia sehingga memudahkan kamu untuk menyimpannya.

Berikut merupakan tips agar ketupat dapat bertahan lama untuk dikonsumsi yang pertama usahakan memasak ketupat 2 hari sebelumnya agar lebih awat dengan proses memasaknya yang secara teratur dan tidak buru-buru.

Lalu perhatiankan tingkat kematangan ketupat agar menghasilkan sajian ketupat yang kenyal dan tak mudah basi, pastikan untuk memasaknya hingga matang dengan sempurna. Bila air rebusan ketupat mulai menyusut, tambahkan kembali air panas hingga seluruh bagian permukaannya tertutup air.

Setelah ketupat selesai dimasak, siram permukaannya dengan air dingin dengan langkah satu ini diklaim ampuh untuk membersihkan sisa kotoran dan lendir yang menempel pada ketupat yang tak hanya membuat tampilannya semakin menarik, cara ini juga akan membuat ketupat semakin awet dan tak mudah basi.

Kemudian metode terbaik dalam menyimpan ketupat  adalah dengan menggantungnya yang digantung dengan kumpulan ketupat di tempat yang berangin dan terbuka. Cara ini juga bisa membuat sisa-sisa air dari rebusan ketupat cepat hilang.