Pengguna Masker Terlalu Lama Dapat Menyebabkan Timbulnya Jerawat

0

Pada saat ini sebagai upaya menekan penyebaran infeksi COVID-19, Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker selama diluar rumah agar dapat mencegah virus tersebut, Namun sayangnya penggunaan masker dalam waktu cukup lama dapat sejumlah hal yang mungkin dapat dialami seseorang akibat penggunaan masker.

Salah satu masalah yang dialami akibat penggunaan masker dalam waktu lama adalah munculya masalah kulit pada area yang telah tertutupi oleh masker, Hal ini bisa menyebabkan kulit lecet, ruam, kusam bahkan munculnya jerawat pada area wajah yang dapat mempengaruhi penampilan anda.

Memahami hal tersebut Surabaya Skin Center yang merupakan klinik spesialis kulit dan pusat laser memberikan tipsnya dalam penggunaan masker yang dapat mengakibatkan timbul jerawat pada wajah.

dr.Putri Hendria Wardhani, SpKK selaku Dokter praktek SSC yang menjelaskan pada dasarnya setelah menggunakan masker, kita dapat membersihkan wajah seperti biasanya sesuai dengan jenis kulit pada wajah yang diikuti dengan pelembap yang sesuai dalam membersihkan wajah.

Disituasi seperti saat ini setiap kali keluar rumah memang dianjuran untuk mandi atau membersihkan tubuh setelah keluar rumah agar mencegah penyebaran virus tersebut.

Kemudian untuk permasalah timbulnya jerawat terkadang karena penggunaan masker yang tidak bersih yang akhirnya memicuh munculnya jerawat dan kelembapan pada wajah yang dapat menggeluarkan minyak berlebih pada area yang tertutupi oleh masker.

Maka sebelum menggunakan masker diperkenankan untuk dapat membersihkan wajah yang diikuti dengan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit, lalu pastikan masker yang digunakan sudah dicuci bersih dan untuk masker kain dianjurkan untuk tidak digunakan lebih dari 4 jam.

Kemudian untuk mengatasi minyak berlebih tentu dengan memilih perawatan wajah yang sesuai, Seperti pembersih wajah, pelembap, sunscreen, krim exfoliant, dan sebagainya.

Selain itu pengaruh lain seperti stress dan makanan juga harus dikendalikan dengan makanan yang seimbang dengan memperbanyak sayur dan buah yang akan sangat membantu menutrsi jaringan kulit pada wajah.

Penyebabnya timbulnya jerawat juga dapat dikarenakan multifaktorial yang dapat dipengaruhi oleh faktor genetik yang akhirnya dapat memengaruhi jenis kulit seperti hormonal, stress, perawatan wajah sehari-hari dan sebagainya. Oleh karena itu bagi yang wajahnya bermasalah penting untuk berkonsultasi ke dokter kulit untuk mengetahui kondisi kulit dan jenis dari kulit kita agar dapat memilih perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita.