Cara Mengolah Daging Ayam Untuk Hilangkan Darah dan Lemaknya

0

Daging ayam merupakan salah satu bahan masakan yang menjadi pilihan favorit. Selain rasa yang enak, harga daging ayam juga lebih terjangkau dari pada daging sapi.

Di balik kelezatan masakan berbahan dasar ayam, ada beberapa aturan yang sebaiknya diikuti agar daging ayam tetapi higienis dan ketika dimasak tidak ada bercak darah dan lemak yang tersisah pada daging ayam.

Memahami permasalahan tersebut, Ikatan Wartawan Online (IWO JATIM) adakan kegiatan pelatihan masak mengenai cara menghilangkan darah dan lemak pada daging ayam yang diadakan di Atrium Maspion Square.

Dalam acara pelatihan masak ini turut menghadirkan Cak Indro selaku pemateri dari super chicken Surabaya, Ketika acara dimulai sekitar dua puluhan orang tampak antusias dalam mengikuti pelatihan ini hingga naik keatas panggung untuk dapat melihat lasung proses yang dilakukan cak indro.

Selama kurung waktu dua jam cak indro memberikan tips-tips mengenai cara menghilangkan darah dan lemak pada daging ayam, Seperti yang dijelaskan pada pelatihan masak tersebut yang harus dihindari diantaranya :

Membiarkan ayam terlalu lama membeku di kulkas. Kebiasaan ini yang lakukan hingga esnya mencair sebelum dimasak, Sebenarnya boleh saja namun jangan sampai terlalu lama membiarkan ayam berada pada suhu ruangan, karena suhu ruangan memilik bakteri yang bisa muncul pada daging yang bisa menyebabkan keracunan makanan. 

Demi menghindari hal tersebut, langsung simpan daging ayam di kulkas setelah membelinya, Keluarkan ayam hanya ketika akan memasaknya, Kemudian dalam mencuci daging ayam mentah sepertinya tidak perlu dan tidak seharusnya dicuci karena membersihkan daging ayam justru akan meninggalkan bakteri pada permukaan daging karena itu, ayam yang akan dimasak tidak perlu dicuci cukup langsung dibumbui dan olah sesuai selera.

Tapi harap diingat jangan gunakan bumbu secara berulang karena menggunakan kembali bumbu yang tersisa dari ayam untuk memarinasi daging selanjutnya memang terdengar hemat. Akan tetapi, berulang kali memakai bumbu yang sama untuk marinasi dapat menyebarkan bakteri. 

Kemudian dalam memasak di dapur membutuhkan ketrampilan yang cekatan, Ketika selesai memotong daging anda harus segera mengupas bawang agar cepat selesai memasak, Namun yang harus diperhatikan ialah dalam menggunakan peralatan yang sama tanpa dicuci terlebih dahulu. Padahal tindakah tersebut salah. 

Pisau atau peralatan dapur yang bersinggungan dengan daging ayam mentah mengandung bakteri salmonella. Ketika peralatan tersebut digunakan untuk hal lain, bakteri akan berpindah tempat. Untuk menghindari tersebarnya bakteri, selalu cuci semua peralatan yang sudah terkena daging ayam mentah sebelum digunakan untuk yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here