Mengenal Istilah Sambal Pertamakali di Indonesia

0

Sambal yang menjadi salah satu ciri kuliner khas Indonesia sekarang yang digemari oleh banyak orang dalam negeri maupun manca negara, berbagai variasi sambal sudah banyak ditemukan dan menjadi ciri khas sebuah daerah.

Tak akan lengkap makan tidak memakai sambal, itulah yang di katakan orang Indonesia sangking gemarnya mengomsumsi sambal.

Cabai yang dikenal sekarang yaitu berasal dari tanaman genus capsicum ternyata tanaman ini bukan berasal dari Indonesia. Pada awalnya cabai berasal dari Benua Amerika dan dibawa masuk bersama sekitar 2000 jenis tumbuhan lainnya pada abad ke 6 oleh para pelaut Portugis dan Soanyol ke Asia Tenggara.

Awal mulanya masyarakat Indonesia mengkomsumsi cabai tanpa di olahan untuk menjadi sambal, barulah sekitar abad ke 19 Nusantara mengenal istilah Sambal.

Dilihat dar karakteristik bahan bahan untuk membuat sambal seperti menggunakan bawang merah, bawang putih kemudian terasi, garam, kencur dan kadang juga memakai tambahan gula putih.

Seiring berjalannya waktu setiap daerah di Indonesia memodifikasi sambal yang dimodifikasi dengan hasil alam khas daerahnya sendiri, contohnya di Jawa ada sambal kluwak.

Jenis sambal tidak terlalu sekompleks sekarang, kalau pada masa lalu yang paling terkenal adalah sambal bajak, sambal bawang, sambal mentah.