Manfaat Musik Jazz untuk Kesehatan Jiwa

0
Musik jazz untuk kesehatan jiwa

Musik Jazz merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20, pada awalnya musik ini hanya dimainkan dalam komunitas kulit hitam di negeri Paman Sam. Namun lambat laun musik ini mulai digemai oleh banyak orang, dan tersebar ke seluruh dunia.

Jarang ada yang mengetahui bahwa mendengarkan musik jazz ternyata memiliki banyak manfaat, berikut adalah manfaat musik jazz bagi kesehatan jiwa.

Meningkatkan Kreatifitas

Dr. Charles Limb ilmuan neurologi mengatakan bahwa musik jazz adalah aksi dari kreatifitas yang murni, Dr. Charles mengatakan ketika mendengarkan musik jazz anda akan merasakan sesuatu yaitu ‘Sound of Surprise atau suara kejutan’.

Charles menyadari bahwa proses kreatifitas yang dilakukan para musisi lebih pada improvisasi dan bukan menghafal, kemudian Charles meminta musisi jazz memainkan melodi yang dihafalnya dengan memindai otak mereka memakai MRI fungsional.

Charles menggunakan piano non magnetik dalam percobaanya, karena alat MRI sangat sensitif terhadap benda logam di sekitarnya.

Saat musisi berinprovisasi, bagian otak yang memungkinkan manusia untuk mengekspresikan diri, korteks prefrontal medial menjadi lebih aktif.

Lalu untuk bagian otak yang bertanggung jawab untuk pembatasan dan kontrol diri, korteks prefrontal dorsolateral menjadi tidak aktif.

Dengan tidak aktifnya penghambatan otokritik ini para musisi dapat mengalirkan kreatifitas mereka.

Mengembangkan Saraf Otak

Musik jazz berpengaruh terhadap pembangunan saraf saraf otak, tentunya mempunyai efek suasana dan emosi baik persepsi, ekspresi maupun ketidak sadaran akan menjadi lebih baik.

Menjauhkan dari Rasa Cemas

Mendengarkan musik jazz setelah operasi bisa menurunkan detak jantung dan menjauhkan dari rasa cemas.

Mampu Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Banyaknya jenis lagu di dunia ada lagu yang berbahasa Inggris dan lainnya, bagi kalian yang menyukai lagu berbahasa inggris atau negara lain kalian memiliki peluang besar untuk memiliki kemampuan bahasa mereka.

Dengan belajar melalui lagu maka akan lebih mudah dibanding menggunakan cara lain.

Meminimalisir Rasa Stres

Musik adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menghibur seseorang yang sedang stres, dengan mendengarkan musik jazz maka hati galau dan pikiran stres akan menghilang.

Mengubah Mood yang Lebih Baik

Seseorang yang mendengarkan musik pasti akan merubah mood seseorang itu, Hal ini bsa dilihat dari banyaknya orang lebih memilih mendengarkan lagu dibanding aktifitas lain saat hatinya butuh hiburan.

Dan jazz adalah sala satu aliran musik yang bagus untuk merubah mood menjadi lebih positif dan bersemangat.

Playlist musik jazz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here