Fakta Dibalik Headset Yang Kusut

0

Apakah kalian suka mendengarkan lagu  di smartphone dengan menggunakan headset? Lalu setelah selesai  menggunakan headshet ,hal yang sering terjadi adalah kusutnya kabel yang membuat kita mau nggak mau harus merapikannya kembali sebelum digunakan.  Mungkin bagi sebagian orang ini adalah hal yang lumrah, tapi ada juga yang merasa kesal dengan fenomena ini.

Namun jangan khawatir, ternyata ada alasan mengapa  kabel  headset bisa dengan mudah mengalami kusut. Dilansir Nextren dari Pnas.org , Dua orang ilmuwan bernama Douglas Smith dan Dorian Raymer telah menemukan teori ilmiah dari kenapa kabel headset bisa kusut.

Dalam penelitian mereka yang berjudul “Spontaneous knotting of an agitated string”, dilihat dari hasil perhitungan matematika  bahwa kabel headset biasanya memiliki panjang di atas 46 cm, Ukuran panjang inilah yang menyebabkan komponen kecil setebal kabel headset menjadi mudah kusut.


Probabilitas kekusutan kabel dan panjang kabel (Foto: Proceedings of the National Academy of Sciences USA)

Bentuk dan ukuran kabel headset yang dibentuk sedemikian rupa akan menimbulkan pergerakan secara bebas dalam sebuah ruang 3 dimensi. Dua ilmuwan tersebut juga telah melakukan percobaan sebanyak 3.415 kali terhadap 120 tipe headset.

Setelah diteliti, gerakan kabel headset pasti menimbulkan penyeberangan ujung kabel ke bagian kabel yang lain. Proses banyaknya “penyeberangan” ini terjadi kerena adanya gaya magnet kecil yang ditimbulkan antar dua bagian kabel, jenis kabel, dan sebagainya.

Intinya, semakin panjang ukuran kabel headset kamu maka headset itu kabelnya akan semakin mudah kusut pula.Ini karena kabel-kabel tersebut kemungkinan besar akan saling menyeberang dan bertumpuk sebab adanya daya magnet yang ada padanya