Fatma Foundation Hadirkan Bus Cinta Fatma Sebagai Bentuk Pelayanan Kesehatan Gratis untuk Penderita Kanker

0

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, pada 2018 terdapat 9,8 juta jiwa penduduk dunia meninggal akibat kanker. Kanker payudara dan serviks menyumbang angka yang cukup besar yang dialami wanita,  Sementara di Indonesia di tahun yang sama, terdapat 627.000 perempuan meninggal akibat kanker payudara, dan terdapat 21.000 kasus baru kanker serviks menyerang perempuan di Indonesia.

Dalam memperingati hari kanker sedunia yang jatuh pada tanggal 4 februari,  Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf  selaku Ketua Umum Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) hadirkan sebuah bus layanan  dalam memeriksaan diri tentang  deteksi  kanker sejak dini sebagai bentuk kepedulian terhadap penyakit kanker.

Bus Fatma Foundation ini akan berkunjung keberapa titik wilayah d Jawa Timur khususnya pedesaan supaya mereka bisa mendeteksi dini tentang bahaya kanker ,khususnya bagi wanita mereka akan mendapatkan pelayanan ini secara gratis.

Peresmian Bus Fatma Fondation ini dilakukan di The Gayungsari A-31 Surabaya yang bertepatan dengan peringatan Hari Kanker sedunia.

Bunda Fatma mengatakan bahwa  bus ini akan berkunjung selama 100 hari  untuk menuju titik lokaso yag telah ditentuhkan dengan fasilitas yang telah dilengkapi yaitu dua kursi obgyn, meja konsultasi dan alat-alat kesehatan lainnya dengan target  penanagan 50 orang yang akan mendapatkan  pemeriksaan gratis dengan metode pap smear serta  100 orang akan mendapatakan sosialisai tentang deteksi kanker, upaya ini saya lakukan agara wanita jawa timur selalu mau mendeteksi dini kanker serviks dan payudara secara teratur daripada mengobati.

Kehadiran Fatma Foundation merupakan bentuk rasa syukur bunda fatma yang telah melakukan pengabdiaan selama 10 tahun untuk Jawa Timur  atas kemajuan kesehatan dengan adanya bus ini siharapkan seluruh wanita dapat mendeteksi diri mereka.