Viu Pitching Forum merupakan Wadah Para Sineas Lokal

0

Surabaya merupakan kota pahlawan yang telah mampu melahirkan bakat terpendam dalam menyajikan sebuah kualitas karya terbaik.

Kota Surabaya menjadi satu dari sepuluh kota besar yang menjadi tujuan Roadshow Dialog Film untuk mengenalkan Viu Pitching Forum 2019.

Viu Pitching Forum adalah sebuah wadah acara tahunan yang didedikasikan untuk memfasilitasi dan mengembangkan ide-ide cerita yang dimiliki oleh para pencinta film atau sineas Indonesia untuk menjadikan sebuah karya film yang bisa diakses melalui Viu Originals.

Tidak sekedar memproduksi film saja namun mereka juga akan mendapatkan bimbingan dan berkesempatan menjadi talenta Indonesia untuk memamerkan hasil karya mereka di panggung global. 

Viu menujukan upaya ini untuk menjaga komitmen  dalam membangun sebuah ekosistem yang dapat memberdayakan industri konten Indonesia sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Viu Pitching Forum sebelumnya telah menghasilkan karya serial Original HALUSTIK (tayang di Viu sejak September lalu) dan pada tanggal 12 Desember 2018 lalu Viu sukses meluncurkan serial Original “Knock Out Girl” karya Reka Wijaya, drama aksi romantis tentang perjuang seorang putri tunggal pemilik sasana tinju yang berupaya menyelamatkan bisnis keluarga dari kebangkrutan.

Myra Suraryo sebagai Senior Vice President Marketing Viu Indonesia mengatakan bahwa Kami sangat senang dapat mengumumkan tanggal dan proses Viu Pitching Forum 2019 sehingga para sineas berbakat Indonesia dapat mulai mempersiapkan ide-ide segar mereka untuk kemudian bisa dijadikan sebuah film serial yang tayang di Viu Original, kemudian hari ini kami pun juga mengumumkan untuk penayangan perdana yang sudah tidak sabar untuk menghibur pemirsa di Indonesia dengan menghadirkan film Original terbaru kami yang menarik yaitu Knock Out Girl.

Viu Pitching Forum 2019 ini dimulai dengan kegiatan talkshow film bersama Nia Dinata Sutradara dan Produser film Cau Bau kan tahun 2002. 

Nia Dinata mencoba memberikan semangat dan inspirasi untuk para sineas menghadirkan sebuah karya film dengan konten lokal. 

Para sineas pun juga harus mengenal dengan betul cerita yang akan diangkat untuk dijadikan film, karena hal tersebut menjadi bekal utama ketika para sineas mulai untuk jualan film di hadapan investor.

maka perlu rasa percaya diri tinggi ketika memaparkan ide cerita yang akan dibikin film kepada para investor karena berkaitan dengan profit serta target.

 Viu Pitching Forum 2019 akan memberikan kesempatan selama lebih dari satu bulan bagi sineas Indonesia untuk mengajukan ide ceritanya ke Viu Pitching Forum ini (20 Januari s/d 28 Februari 2019).

Selanjutnya team Viu akan memilih sepuluh Finalis, yang akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop selama enam hari yang di bimbing intensif dari para sineas-sineas profesional Indonesia seperti Sammaria Simanjuntak (Sutradara dan Produser), Andri Cung (Sutradara dan Penulis Naskah), Pritagita Arianegara (Sutradara) dan Aline Jusria (editor).

 Setelah mengikuti bimbingan  workshop tersebut para finalis akan melakukan pitching/presentasi ide cerita film mereka di depan para juri yang terdiri dari Myra Suraryo (Viu Senior Vice President MarketingIndonesia) dan Aileen Leong (Viu Head of Content Indonesia), Nia Dinata (Sutradara dan Produser), Lucky Kuswandi (Sutradara & Penulis Naskah), Melissa Karim (Produser & Penulis Naskah), dan juri dari Institut Kesenian Jakarta.