Membuat Chinese Fragrance Doll untuk mempercantik dekorasi rumah saat merayakan Imlek.

0

Menyambut hari raya imlek, yang sudah didepan mata, tak ada salahnya bila kita membuat sebuah kerajinan tangan origami yang akan mempercantik dekorasi rumah yaitu Chinese fragance doll.

Dalam memeriahkan tahun baru Imlek, Kana furniture adakan kegiatan workshop dalam membuat Chinese fragance doll dengan menghadirkan Fenchilia Zhang sebagai instruktur dan pembicara dalam workshop tersebut. 

Lusy Evylia Pupspita sebagai GM Marcom PT. Intergriya Dekorindo mengatakan bahwa workshop ini sengaja dihadirkan untuk melatih kreativitas, imajinasi, dan motorik seseorang, khususnya pada anak-anak dalam membuat kerajinan tangan yang membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dalam membuat Chinese Fragrance Doll.

Sebanyak 40 orang peserta sangat antusias dalam mengikuti workshop tersebut yang terdiri dari ibu dan anak, mereka berlomba-lomba untuk membuat kerajinan tersebut.

Fenchilia Zhang sebagai founder origamine sekaligus pembicara dalam workshop tersebut mengatakan bahwa dalam membuat Chinese Fragrance Doll ini sangat mudah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah di temukan seperti spons kecil yang sudah dibentuk badan meliputi leher sampai kaki, kertas washi, lem putih, gunting, benang, serta tas kecil berjaring untuk tempat pengharum.

Dalam proses pembuatan Chinese Fragrance Doll akan melalui beberapa tahapan, tahap pertama yang dilakukan ialah seluruh kertas origami di arsir dalam membentuk pola bagian-bagian boneka yaitu pola kepala, wajah, leher lengan, jari, rambut, serta pakaian yang menyerupai pakaian tradisional cina.

Lalu siapkan spons yang sudah dibentuk pola badan untuk di tempelkan dengan pola leher yang sudah diarsir, kemudian tempel  pola bentuk baju yang sudah diarsir sebagai pakaiannya dengan menggunakan kertas origami yang kemudian dibentuk bagian baju Chinesse yang sesuai dengan keinginan masing-masing.

Kemudian tempel pola lengan, jari, wajah, dan rambut pada bagian tubuhnya, serta tak lupa aksesoris kepala khas China untuk menghadirkan nuasa Imlek. 

Lalu step berikutnya pasangkan tali ke kepala bagian atas yang berfungsi sebagai penggantung boneka Chinese Fragrance Doll, selain itu juga pasang tali yang telah dikaitkan dengan tas kecil berjaring yang diisi pengharum yang direkatkan di baju bagian belakang.

Sebagai pemanis karakter boneka ini pasangkan juga bagian pita pada baju belakang yang akan menutup tali yang menempel, Chinese fragance doll pun telah selesai dan siap untuk mempercantik dekorasi untuk perayaan tahun baru Imlek serta menjadi pengharum ruangan anda.